Minggu, 08 Juli 2012

Proposal program kerja KKN TEMATIK UNWIR Kandanghaur Ilir 2012


Proposal program kerja KKN TEMATIK UNWIR Kandanghaur Ilir 2012
“Peningkatan Program Paket A, B, Dan C Dalam Meningkatkan Wajar
Pendidikan Dasar Di Desa Ilir”
Dengan Dosen Pembimbing Lapangan : MAISA, S.Pd. M.Pd.



KELOMPOK 04
DESA ILIR, KECAMATAN KANDANGHAUR
1.           PRIYO AGUNG G
2.           EFRIYANDI
3.           BAMBANG SUSENO
4.           LAELIYAH
5.           SELLA BERLIANA
6.           HARNO DIYANSYAH
7.           CAIROH
8.           IMAH PUTRI NURANI
9.           NANANG HARIYANTO
10.       HANI UMAROH
11.       RISALATIDDINIYAH
12.       RIJAL ARIF SOFYAN
13.       NINA EKA S
14.       FARNIA W
15.       NURAEROH
Ketua   :   EFRIYANDI
UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU
2012
LEMBAR PENGESAHAN

“Peningkatan Program Paket A, B, Dan C Dalam Meningkatkan Wajar
Pendidikan Dasar Di Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur”
NO
NAMA
PRODI
1
PRIYO AGUNG G
HUKUM
2
EFRIYANDI
HUKUM
3
BAMBANGSUSENO
HUKUM
4
LAELIYAH
B.INGGRIS
5
SELLA BERLIANA
B.INGGRIS
6
HARNO DIYANSYAH
B.INGGRIS
7
CAIROH
BIOLOGI
8
IMAH PUTRI NURANI
BIOLOGI
9
NANANG HARIYANTO
BIOLOGI
10
HANI UMAROH
PAI
11
RISALATIDDINIYAH
PAI
12
RIJAL ARIF SOFYAN
PAI
13
NINA EKA S
KM
14
FARNIA W
KM
15
NURAEROH
KM

Mengetahui,

      Ketua


      E f r i y a n d i
      NPM : 742010109024









Dosen Pembimbing Lapangan


Maisa, S.Pd., M.Pd.
NIDN  : 0421058101


Sekertaris


Imah Putri Nurani
NPM : 842050109048
                                                                                                                                        
I.         LATAR BELAKANG
Pendidikan tinggi pada dasarnya berfungsi untuk mengembangkan atau membentuk kemampuan, watak dan kepribadian manusia melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Dharma Pendidikan, Penelitian,dan Pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan tujuannya adalah memebentuk insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia dan berkepribadian luhur; sehat, berilmu dan cakap; kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percayadiri, dan berjiwa wirausaha; serta toleran, peka social dan lingkungan, demokratis dan bertanggung jawab.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 24 ayat (2) dinyatakan bahwa perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat.
Sehubungan dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dimaksud, Universitas Wiralodra Indramayu dalam setiap tahun melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan secara terpadu dan terprogram dan dikoordinasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Wiralodra Indramayu. Oleh karena itu, KKN merupakan kewajiban bagi seluruh mahasiswa program Strata satu (S1) di lingkungan Universitas Wiralodra secara individu dan berkelompok, untuk menerapkan hasil pendidikan dan/atau hasil penelitian dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan wilayah, serta menuju pendidikan untuk perkembangan dan/atau pembangunan berkelanjutan.
KKN Tahun Akademik 2011/2012 dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggidengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teroritik dan dunia empiric praktis. Dengan demikian, terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan member, saling asah, asih, dan asuh diantara mahasiswa dan masyarakat di lokasi KKN.
Melalui kegiatan KKN diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja, khususnya dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara lebih nyata, KKn merupakan media penerapan ilmu pengetahuan danteknologi dimasyarakt secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat.
Selain itu, KKN dimaksud menjadi pendorong pengembangan riset penerapan secara mutualistik dalm rangka membantu menyelesaikan permasalahan actual di masyarakat. Lebih dari itu, kegiatan KKn dihrapkan dapan mengembangkan kepekaan social dan lingkungan, serta tanggung jawab mahasiswa. Sedangkan bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKN dapat membantu percepatan proses pembangunan melalui peningkatan pemberdayaan masyarakat.
Dengan demikian, KKN merupakan bentuk penegasan loyalitas dan soliditas Lembaga Penelitian dan Pemngabdian Pada Masyarakat (LPPM) untuk mewujudkan visi dan misi Universitas Wiralodra Indramayu. Melalui KKN ini diharapkan dapat lebih meningkatkan empati, kepedulian, kerjasama mahasiswa secara multidisipliner dan kontribusi daya saing daerah dan nasional, serta mendorong terciptanya Learning Community.

II.                TEMA
Peningkatan Program  Paket A, B, Dan C Dalam Meningkatkan Wajar Pendidikan Dasar Di Desa Ilir

III.             TUJUAN KULIAH  KERJA NYATA (KKN) TEMATIK
1.      Tujuan umum KKN
Tujuan dari pelaksanaan KKN adalah:
·   Meningkatkan empati dan kepedulian masyarakat di Desa Parean ilir Kandanghaur.
·   Melaksanakan terapan Ilmu pengetahuan, Teknologi dan Sains (IPTEKS) secara teamwork dan inerdisipliner.
·   Menanamkan nilai kepribadian;
-                  Nasionalisme dan jiwa Pancasila.
-                  Keuletan, etos kerja dan tanggug jawab.
-                  Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan.
·   Meningkatkan daya saing daerah/nasional.
·   Menanamkan jiwa peneliti:
-          Eksploratif dan analisis
-          Mendorong learning community dan learning society.
·   Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakan.
·   Mengenalkan pendidikan kepada masyarakat agar yang bersangkutan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
·   Sebagai proses pendewasaan mahasiswa dalam berfikir, bersikap, berperilaku secara realistis dan akademis yang di landasi dengan semangat dan komitmen yang tinggi untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.
·   Sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasikan seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.
·   Sebagai proses pendidikan bagi mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian dalam mengawal pembangunan serta memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara.
·   Membentuk sarjana yang berilmu, cakap, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi atas kesejahteraan masyarakat maupun masa depan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.
·   Mendekatakn Perguruan Tinggi dengan masyarakat untuk menyesuaikan tuntutan pembangunan dan dinamika masyarakat.
2.      Tujuan khusus KKN
·      Melaksanakan program paket A, B dan C untuk meningkatkan wajib   belajar Pendidikan Dasar di Desa parean ilir.
·      Membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan program paket A, B dan C sesuai peraturan menteri  Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 14 tahun 2007.


IV.             HASIL YANG DIHARAPKAN
1)      Terpetakannya data yang akurat tentang anak usia pendidikan dasar.
2)             Jumlah anak usia SD (7-12 tahun).
3)      Jumlah dan identitas anak putus seklah SLTP /sederajat
4)      Jumlah dan identitas anak SD kelas 6, baik yang akan melanjutkan maupun  tidak melanjutkan ke SLTP /sederajat setiap kecamatan.
5)      Jumlah anak usia SMP(13-15 tahun) yang telah tamat SLTP /sederajat setiap kecamatan.
6)      Jumlah anak usia SMP(13-15tahun) yang sedang sekolah di SLTP /sederajat setiap kecamatan.
7)       Jumlah dan identitas anak usia SMP (13-15 tahun / lulusan SD/MI/sederajat) yang tidak sekolah di SLTP /sederajat
              8)             Meningkatkan kualitas dan kuantitas program paket A, B, dan  C.

V.                 KELOMPOK SASARAN 
1.      Anak SD, SMP, dan SMA yang putus sekolah
2.      Anak yang tidak mengikuti SD (paket A)
3.      Anak yang masuk ke SD tetapi tidak melanjutkan ke SMP (paket B)
4.      Anak yang lulus SMP tetapi tidak melanjutkan ke SMA (paket C)


 VI.      TAHAPAN  PROGRAM
A.    Persiapan; adapun tahap persiapan  ini meliputi tahapan sebagai berikut:
1)    Pembentukan Tim Pelaksana
2)    Penyusunan proposal
3)    Pembagian Tugas dan Pengelompokkan Kerja
4)    Pembuatan Rencana Kerja
5)    Pembuatan rencana anggaran dan belanja kelompok
B.     Pelaksanaan; tahap persiapan ini meliputi tahapan sebagai berikut:
1)    Sosialisasi program KKN tematik Peningkatan kapasitas Usaha melalui rapat minggon desa, rembug desa, ajang sono, temu kader, pengajian, atau kegiatan lainnya Sasaran sosialisasi meliputi camat, kepala desa, ketua RW/RT/kampung, kader PKK, posyandu, dan atau tokoh masyarakat.
2)    Melakukan pendataan terhadap:
a.       Penduduk usia SD (7-12 tahun);
b.      Siswa SD/MI/sederajat;
c.                   Lulusan SD yang melanjutkan ke SMP/M.Ts/sederajat;
d.      Lulusan SD/MIJsederajat yang tidak melanjutkan ke SMP/M.Ts/ sederajat;
e.        Penduduk usia SMP (12-15 tahun);
f.       Siswa SMP/M.Ts./sederajat;
g.       Kondisi orang tua yang anaknya tidak melanjutkan ke SMP/M.Ts/ sederajat;
h.      Kondisi geografi dan budaya masyarakat setempat;
i.        Kondisi SMP/M.Ts/sederajat
3)    Melakukan analisis data yang dihasilkan dari poin (2) untuk  mengetahui:
a.     Jumlah penduduk usia SD dan SMP ;
b.    Jumlah siswa SD dan SMP;
c.     Jumlah lulusan SD yang melanjutkan ke SMP/M.Ts/sederajat;
d.    Jumlah lulusan SD yang tidak melanjutkan ke SMP/M.Ts/sederajat (by name by address);
e.     Faktor-faktor penyebab banyaknya lulusan SD yang tidak melanjutkan ke SMP/M.Ts/sederajat;
f.     Kondisi orang tua yang anaknya tidak melanjutkan ke SMP/M.Ts/ sederajat;
g.    Kondisi geografi dan budaya masyarakat setempat;
h.    Kondisi SMP/M.Ts/sederajat;





JADWAL PIKET

Senin :                            Selasa :                                    Rabu :
1.      Efriyandi                     1. Harno                                  1. Rizal
2.      Imah                            2. Laeliyah                              2. Hani
3.      Cairoh                         3. Sella B                                 3. Risa

Kamis :                          Jumat :                                     Sabtu&Minggu :
1.      Nanang                        1. Bambang                             Piket Bersama
2.      Farnia                          2. Priyo
3.      Nina                            3. Nuraeroh



VIII.    PENUTUP
    A.    Kesimpulan
Dalam melaksanakan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK di Desa Ilir ini, kami dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut :
a)Kuliah kerja nyata (KKN) kali ini adalah pelaksaan program paket A, B. dan C, yang mana mahasiswa KKN terjun langsung ke masyarakat (grass root) agar masyarakat mampu menulis, membaca, dan berhitung dengan baik.
b)   Dalam melaksanakan program ini di perlukan kerja yang ekstra keras, baik tenaga, pikiran, kesabaran, keuletan dan sarana prasarana yang menunjang diantarnya program ketrampilan, dan program desa.
c)Setelah praktikan terjun langsung ke lapangan, dan berbaur dengan masyarakat yang beragam, barulah terasa bagaimana sesungguhnya hidup bermasyarakat. Sehingga dapat memberikan motivasi dan pelajaran serta pengalaman, juga manfaat besar bagi semua peserta KKN khususnya Universitas Wiralodra Indramayu. Apabila nanti telah berkeluarga dan terjun di masyarakat yang mereka tempati.
d)  Adapun proses program paket A,B dan C, banyaknya warga belajar yang sudah lanjut usia, sangat sulit untuk di beri materi yang bersifat tematik terlebih lagi padatnya kesibukan warga belajar masing-masing. Apalagi saat ini warga belajar sedang menghadapi musim panen (cadon).
   B.      Rekomendasi
1.      Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK program paket A, B dan C sangat tepat kalau diterapkan untuk menyelesaikan masalah individu dan masyarakat. Kami harapkan untuk tahun depan KKN seperti ini dapat dilaksanakan kembali, dan diterjunkan langsung dalam komunitas masyarakat yang benar-benar belum bisa melanjutkan pendidkan, yang kebanyakan adalah masyarakat ekonomi rendah.
2.      Dalam pelaksanaan KKN semacam ini di perlukan adanya saling koordinasi dan musyawarah baik antara mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan serta masyarakat yang bersangkutan untuk saling memberikan informasi, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kegiatan KKN dapat berjalan dengan sukses dan berhasil dengan hasil yang memuaskan.
C.     Kata Penutup
            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah pada Allah SWT, laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK program paket A,B dan C di Desa Parean ilir ini dapat terselesaikan dengan baik. Selanjutnya kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini. Akhir kata semoga bermanfaat di dunia dan akhirat serta menambah pengetahuan bagi kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin.

* ket : Program kerja terlampir

         Mengetahui, 

         Dosen Pembimbing Lapangan


           Maisa, S.Pd., M.Pd.
          NIDN  : 0421058101









        Ketua


         E f r i y a n d i
           NPM : 742010109024








Kepala Desa Ilir


S a h u d i
NIK :


Ketua Pelaksana KKN


Ir. Ace Setiadhi K
                   NIDN :








Sekertaris
 
Imah Putri Nurani
NPM : 842050109048